Jumat, 07 Februari 2014

Menikmati Keindahan Bawah Laut Taman Nasional Wakatobi

Menikmati Keindahan Bawah Laut Taman Nasional Wakatobi - Objek Wisata Taman Nasional Wakatobi merupakan salah satu kawasan diving di Sulawesi Utara, Wakatobi cukup populer serta menjadi kawasan diving kebanggaan Indonesia. Tidak hanya wisatawan lokal saja yang mengunjungi Taman Nasional Wakatobi, banyak juga turis asing yang sengaja datang karena penasan dengan keindahan bawah laut Taman Nasional Wakatobi.

Penasaran seperti apa Keindahan Taman Nasional Wakatobi? Pada kesempatan kali ini Artikel Travel akan berbagi sekilas Informsasi Travel Dan Wisata tentang Menikmati Keindahan Bawah Laut Taman Nasional Wakatobi.
Menikmati Keindahan Bawah Laut Taman Nasional Waktobi
Mengapa di sebut Taman Nasional Wakatobi? Wakatobi sendiri merupakan kependekan dari nama empat pulai besar di Sulawesi, yaitu Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko. Wanci adalah ibukota Wakatobi yang terletak di Pulau Wangi-wangi. Kamu tidak akan kesulitan mencari akses dari dan ke Wanci karena kota ini sudah tersedia berbagai macam alternatif transportasi mulai dari taksi, angkot sampai ojek.

Terletak di Sulawesi Tenggara, Wakatobi memiliki terumbu karang luar biasa indah dan ikan-ikan cantik yang membuat traveler seluruh dunia tidak bosan mengunjungi tempat wisata ini. Asal kamu tahu, Wakatobi memiliki 750 dari 850 spesies koral, jenis karang yang beragam serta makhluk laut yang sudah sulit ditemukan di daerah lain.

Untuk opsi lokasi penyelaman dan snorkeling, kamu bisa menemukan banyak tempat menarik di Wanci. Biasanya, spot di sekitar pelabuhan kapal fery, belakang Hotel Wakatobi atau sekitar Patuno Resort dan Pantai Sousu adalah lokasi yang paling dekat dan sering dikunjungi turis. Tapi, kalau kamu ingin menikmati lokasi yang lebih jauh, kamu bisa ke Pulau Tomia dan Binongko yang memakan waktu lima jam perjalanan dengan speed boat.

Kalau kamu tidak punya perlengkapan, tidak perlu khawatir karena di Wakatobi terdapat banyak penyewaan alat diving maupun snorkeling, lengkap dengan pemandu dan kapal yang akan mengantarkan kamu ke tempat penyelaman. Di lokasi tertentu, kamu bisa menjumpai ikan napoleon dengan ukuran besar, atau melihat kelinci laut serta ragam bintang laut. Tentu saja, kamu juga akan menyaksikan keindahan ragam terumbu karang yang menjadi keunggulan Wakatobi.

Nah, selain melakukan penyelaman dan snorkeling di kawasan Taman Nasional Waktobi ini masih banyak kegiatan lain yang tidak kalah menariknya seperti menyaksikan atraksi lumba-lumba ataupun menikmati pemandangan matahari terbit dan tenggelam di Hoga.

Bagi sobat yang datang dari luar kota dan belum tau secara pasti mengenai akses menuju Taman Nasional Wakatobi ini bisa menempuh rute berikut:

Akses Menuju Taman Nasional Wakatobi
Dari Makassar naik pesawat menuju Kota Bau-Bau, lalu dilanjutka dengan naik kapal penumpang menuju Wanci, Keledupa, Tomia atau Binongko. Untuk maskapai yang melayani Rute Makassar-Kendari/Bau-Bau ada Merpati Air, Lion Air dan Express Air. Untuk Merpati dan Lion Air bisa dilihat dan dibeli via Internet sedangkan Express Air tidak ada jalur Onlinenya. Tarif sekali terbang dari Rp. 300.000-700.000. Namun, pastinya bagi backpacker seperti kita lebih memilih opsi yang termurah, dan untuk transportasi antar pulau di WaKaToBi dilayani oleh kapal-kapal penunmpang kecil yang lumayan berasa ketika laut sedang berombak. Sesuai pengalaman saya kemaren dari Bau-Bau ke Wanci tarif Kapalnya Rp. 103.000 kemudian dari Wanci ke Tomia Rp. 80.000 karena saya langsung menuju yang terjauh. Sedangkan antar pulau seperti dari Wanci – Keledupa- Tomia – Binongko antar pulau masing-masing Rp. 50.000.

Demikian sekilas Informasi Travel Dan Wisata pada kesempatan kali ini tentang Menikmati Keindahan Bawah Laut Taman Nasional Wakatobi. Baca juga Artikel Travel lainnya tentang Keindahan Bawah Laut di Kepulauan Padaido Biak Papua.

 
© Copyright 2013 - 2017Informasi Travel Dan Wisata Partnership Wisata Alam Indonesia Powered by Blogger.com.