Selasa, 28 Mei 2013

Kegiatan Sail Komodo 2013 Dengan Tujuan Wisata Bahari Dunia

Kegiatan Apakah Sail Komodo Itu.? ---Penyelenggaraan kegiatan Sail Komodo 2013 ini merupakan bentuk Komitmen Pemerintah untuk menjadikan Wisata Bahari Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi salah satu destinasi utama wisata dunia. Penyelenggaraan Sail Komodo 2013 ini mengangkat tema: "Sail komodo 2013: Jembatan Emas Menuju Nusa Tenggara Timur menjadi Destinasi Utama Pariwisata Dunia" Event ini menjadi momentum untuk memajukan wisata bahari di tanah air, khususnya di Nusa Tenggara Timur menjadi destinasi utama wisata dunia. Lalu, kegiatan apa sajakah yang akan diadakan dalam even Sail Komodo 2013 ini.? Berikut ini Artikel Travel akan berbagi Informasi Travel dan Wisata tentang beberapa kegiatan Sail Komodo tahun 2013.

Sail Komodo 2013 merupakan event internasional tahunan yang diikuti peserta dari berbagai negara. Selain Indonesia, negara lain yang akan terlibat adalah Malaysia, Australia, Belanda, Thailand, Philipina, Amerika Serikat, dan sebagainya. Penyelenggaraan event internasional Sail Komodo 2013 dilakukan pemerintah dalam rangka pelaksanaan pembangunan serta kesejahteraan rakyat secara berkelanjutan.
Kegiatan Sail Komodo 2013
BEBERAPA KEGIATAN SAIL KOMODO 2013
Kegiatan utama Sail Komodo kali ini mencakup antara lain Upacara Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI Ke-68 di salah satu pulau terluar, Bhakti Sosial dan Pelayanan Kesehatan, Bhakti Kesejahteraan Rakyat Nusantara, Badan Usaha Milik Negara Peduli Komodo, Kegiatan Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari/Kapal Pemuda Nusantara. Sail Komodo 2013 juga akan dimeriahkan Reli Kapal Layar atau Yacht Rally, Ekspedisi Kapal Riset Internasional dan Ekspedisi Ilmiah Pulau Terluar, Seminar Nasional dan Intenasional, Potensi Pariwisata, Budaya dan Alam, Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, Olahraga Bahari, Pameran Potensi Derah, dan Festival Derawan 2013.

Untuk kegiatan reli kapal layar atau yacht rally, akan melibatkan tiga operator yacht yaitu Sail Indonesia, Back to Down Under Rally, dan Darwin Ambon Yacht Race. Ketiga operator reli kapal layar akan mengerahkan yachters dari berbagai negara dengan rute masing-masing, yang flag off-nya akan dilaksanakan di Kupang, NTT pada tanggal 4 Agustus 2013. Adapun para peserta Sail Komodo akan bergerak dari Darwin menuju Kupang, NTT.

Dalam kegiatan ini para peserta akan dibagi dalam dua jalur, yakni jalur utara dan selatan. Jalur utara meliputi Kupang - Wini di Timor Tengah Utara-Atapupu di Kabupaten Belu menuju Kalabahi, Kabupaten Alor, kemudian Lewoleba - Lembata, Larantuka di Flores Timur, lalu ke Maumere di Kabupaten Sikka, dan berakhir di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

Sedangkan rute atau jalur selatan melintasi Ba'a di Kabupaten Rote Ndao, lalu menuju Sabu Raijua, kemudian ke Sumba, dan berakhir di Labuan Bajo. Event ini sangat berdampak positif terhadap perkembangan pariwisata dan ekonomi di NTT. Terutama melalui jumlah wisatawan yang datang ke NTT akan bertambah setiap tahun.

Sebenarnya kegiatan Sail 2013 Komodo kali ini sama halnya dengan pelaksanaan kegiatan sebelumnya, jadi tidak hanya sebatas pada acara event semata yang akan habis setelah kegiatan ini selesai. Harapanya lagi semoga dengan diadakannya kegiatan Sail Komodo 2013 dapat menjadi motivasi bagi pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan daerahnya.

Demikian Informasi Travel dan Wisata kali ini tentang Kegiatan Sail Komodo 2013 Dengan Tujuan Wisata Bahari Dunia. Dapatkan Informasi dan jadwal kegiatan Sail Komodo 2013 lebih detail di :

---www.sailkomodo2013.nttprov.go.id---

Baca juga Artikel Travel sebelumnya tentang Penemuan Goa Tengkorak di Kolaka Sulawesi Tenggara, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi buat semua...

 
© Copyright 2013 - 2017Informasi Travel Dan Wisata Partnership Wisata Alam Indonesia Powered by Blogger.com.