Kamis, 26 Desember 2013

Tentang Sejarah Serta Keindahan Candi Borobudur

Tentang Sejarah Serta Keindahan Candi Borobudur - Salah satu Objek Wisata Sejarah Yogyakrta yang terkenal sampai ke mancanegara yaitu Candi Borobudur, yaitu candi Buddha terbesar dunia. Bangunan (tempat ibadah pemeluk agama Budha) ini sudah berumur ratusan tahun.

Penasaran seperti apa Sejarah Ditemukannya Borobudur? Berikut ini Artikel Travel akan berbagi sekilas Informasi Travel Dan Wisata tentang Sejarah Ditemukannya Candi Borobudur Jawa Tengah.
Tentang Sejarah Serta Keindahan Candi Borobudur
Awalnya, Candi Borobudur dibangun oleh Raja Samaratungga, salah satu raja dari kerajaan Mataram Kuno, keturunan Wangsa Syailendra. Candi Borobudur dibangun sebagai tempat ibadah yang kala itu mayoritas masyarakatnya adalah pemeluk agama Budha. Dengan ukuran 123×123 meter, 1460 relief,dan 504 stupa Budha menjadikan candi ini tempat ibadah terbesar pada masa itu. Candi borobudur ini selesai dibangun pada tanggal 26 Mei 824 pada abad ke 9, hampir 100 tahun sejak awal pembangunanya. Menurut sejarah, Candi Borobudur ini lebih tua beberapa abad dibanding Angkor Wat yang berada di negara Kamboja.

Candi Borobudur ini ditemukan di daerah Jawa Tengah, tepatnya daerah Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Waktu pertama kali ditemukan, Candi Borobudur memiliki 10 tingkat dengan tinggi 42 meter. Adapun yang enam tingkat paling bawah berbentuk bujur sangkar dan empat tingkat lainya berbentuk lingkaran dengan stupa budha yang menghadap ke barat pada puncaknya. Tapi tingginya berkurang menjadi 35,5 meter setelah direnovasi karena tingkat paling bawah dialihkan fungsi sebagai penahan. Adapun bentuk bangunan Candi Borobudur mirip dengan tangga berundak-undak yang mewakili filosofi hidup dalam agama Budha. Bahwa kehidupan manusia itu mempunyai tingkatan-tingkatan dan manusia harus melewati tingkatan-tingkatan itu untuk bisa menjadi Budha.

Karena nilai sejarah dan kemegahan bangunanya, Candi Borobudur ini dinobatkan sebagai salah satu warisan keajaiban dunia. Bagaimana tidak? Bayangkan saja orang-orang zaman dulu membangun tempat semegah itu dengan alat seadanya dan tanpa semen. Sesuatu yang tidak akan mungkin bisa dilakukan di zaman sekarang ini. Dan karena hal tersebutlah Candi Borobudur menjadi destinasi wisata dunia populer saat ini.

Di lokasi Candi Borobudur Anda bisa mengabadikan momen menarik dengan kamera Anda. Bangunan yang bernilai sejarah tinggi ini juga memiliki pemandangan alam yang menakjubkan disekelilingnya. Anda juga bisa berkeliling di desa-desa sekitar Candi Borobudur, seperti Karanganyar dan Wanurejo untuk melihat aktifitas warganya yang sibuk dan kreatif membuat kerajinan tangan. Atau anda bisa juga naik ke Puncak Watu Kendil dan melihat panorama Candi Borobudur dari atas. Nah, bagi Anda yang penasaran dengan Keindahan Candi Borobudur bisa melewati rute berikut ini:
Tentang Sejarah Serta Keindahan Candi Borobudur
Rute Menuju Candi Borobudur
Candi Borobudur terletak 42 km arah barat daya Yogyakarta, Jika berangkat dari Yogyakarta, Wisatawan yang tidak membawa kendaraan pribadi tak perlu khawatir akan transportasi menuju Borobudur. Ada banyak mini bus yang melayani trayek Jogja - Borobudur dengan frekuensi keberangkatan antara setengah hingga satu jam sekali. Bus ini beroperasi mulai pukul 06.00 - 17.00 WIB. Anda dapat berangkat dari Terminal Giwangan maupun Terminal Jombor. Namun, jika menginginkan perjalanan yang lebih nyaman, menyewa mobil dari Yogyakarta dapat menjadi pilihan. Ada banyak tempat persewaan mobil di Jogja dengan beragam pilihan kendaraan yang siap melayani Anda.
Harga Tiket Masuk Candi Borobudur
Untuk memasuki kawasan wisata Candi Borobudur Anda diwajibkan membayar tiket masuk, namun tidak usah khawatir Harga Tiket Masuk Candi Borobudur cukup terjangkau kok, yaitu sekitar Rp. 30.000,-/orang (untuk umum), sedangkan untuk anak-anak sekitar Rp. 15.000,-/orang. Namun, Harga Tiket Masuk Candi Borobudur sewaktu-waktu bisa berubah, tergantung ketentuan dari pihak pengelolah kawasan wisata tersebut.
Demikian sekilas Informasi Travel Dan Wisata pada kesempatan kali ini tentang Sejarah Serta Keindahan Candi Borobudur. Baca juga Artikel Travel lainnya tentang Keindahan Objek Wisata Gunung Galunggung Tasikmalaya. Semoga bermanfaat serta menjadi inspirasi wisata keluarga Anda...

 
© Copyright 2013 - 2017Informasi Travel Dan Wisata Partnership Wisata Alam Indonesia Powered by Blogger.com.