Selasa, 26 November 2013

Uniknya Cara Membatik Dengan Media Wayang Kayu di Dusun Krebet Bantul Yogyakarta

Uniknya Cara Membatik Dengan Media Wayang Kayu di Dusun Krebet Bantul Yogyakarta - Proses membatik mungkin sudah banyak disaksikan dan dipelajari di tempat lain, namun membatik dengan media wayang tentu akan memberikan sensasi yang berbeda. Proses membatik dengan media ini tentu akan lebih membutuhkan ketelitian sebab polanya secara otomatis dibuat manual, tidak dicetak seperti ketika membatik dengan media kain.
Uniknya Cara Membatik Dengan Media Wayang Kayu di Dusun Krebet Bantul Yogyakarta
Penasaran seperti apa Cara Membatik Menggunakan Wayang? Pada kesempatan kali ini Artikel Travel akan berbagi sekilas Informasi Travel Dan Wisata tentang Cara Membatik Menggunakan Media Wayang di Dusun Krebet Bantul Yogyakarta.

Terletak di Dusun Krebet Bantul Yogyakarta, kegiatan pembuatan kerajinan batik menggunakan media wayang ini sudah berlangsung sejak 1970-an, Dusun Krebet menjadi salah satu pionir yang mengembangkan kerajinan kayu dengan mengadopsi bentuk wayang klithik. Tak berapa lama kemudian, kurang lebih tahun 1992, muncul inovasi baru dari Dusun Krebet itu yang memadukan kerajinan wayang tersebut dengan motif batik klasik. Permukaan wayang tak lagi polos, namun berhias motif ala Keraton Yogyakarta.

Menariknya, selain melihat koleksi hasil membatik warga setempat kita juga bisa belajar cara membuat batik disini. Dusun Krebet menyediakan fasilitas bagi para pengunjung yang ingin belajar langsung cara membuat motif batik menggunakan wayang. Adapun motif yang bisa kita pelajari yaitu seperti motif klasik keraton, seperti parangrusak, parangbarong, kawung, garuda, sidomukti, sidorahayu, dan puluhan motif lain.
Uniknya Cara Membatik Dengan Media Wayang Kayu di Dusun Krebet Bantul Yogyakarta
Untuk menikmati proses belajar membuat wayang batik, Anda hanya perlu merogoh kocek sekira Rp200 ribu. Sekilas tampak mahal, tapi akan terasa murah karena tak hanya proses belajar membuat wayang saja yang bisa dinikmati. Selama berwisata, Anda juga akan menginap di rumah penduduk yang dijadikan semacam homestay di Dusun Krebet ini tanpa biaya tambahan. Cukup menarik bukan, kita bisa mengenal budaya serta belajar langsung cara membatik dengan warga setempat. Bagi yang berminat untuk datang ke pusat pembuatan batik wayang kayu ini bisa menempuh jalur berikut :

Akses Menuju Dusun Krebet Bantul Yogyakarta
Anda bisa melewati jalan Bantul dan terus ke arah selatan. Beberapa alternatif jalan bisa dipilih, misalnya melewati desa wisata Kasongan atau berbelok ke kanan setelah sampai Masjid Agung Bantul. Anda harus menyiapkan kendaraan pribadi atau menghubungi agen tur yang menyediakan jasa menuju Dusun Krebet tersebut, sebab tak ada angkutan umum yang menjangkau Dusun Krebet ini.
Itulah sekilas Informasi Travel Dan Wisata pada kesempatan kali ini tentang Cara Membatik Dengan Media Wayang Kayu di Dusun Krebet Bantul Yogyakarta. Baca juga Artikel Travel lainnya tentang Tips Membeli Atau Booking Tiket Pesawat Online Yang Aman. Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi wisata keluarga Anda...

 
© Copyright 2013 - 2017Informasi Travel Dan Wisata Partnership Wisata Alam Indonesia Powered by Blogger.com.