Rabu, 06 November 2013

Menyambangi Beragam Pesona Objek Wisata Pekanbaru Riau

Menyambangi Beragam Pesona Objek Wisata Pekanbaru Riau ---Berkunjung ke Pekanbaru Riau kurang lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke tempat-tempat wisatanya. Riau atau kota yang kini bermoto Bersih, Tertib, Usaha Bersama, Aman, dan Harmonis (Bertuah) ini menyediakan banyak tempat-tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi, mulai dari obyek wisata budaya, religi, sejarah, sampai menikmati kuliner khas di kota Provinsi Riau ini.
Menyambangi Beragam Pesona Objek Wisata Pekanbaru Riau
Untuk mengenal lebih dekat tentang Provinsi Riau, pada kesempatan kali ini Artikel Travel akan berbagi sekilas Informasi Travel Dan Wisata tentang Menyambangi Beragam Pesona Objek Wisata Pekanbaru Riau.

Dulunya Kota Pekanbaru hanya perkampungan kecil bernama Payung Sekaki di tepi Sungai Siak yang didirikan Suku Senapelan sehingga namanya lebih dikenal dengan Kampung Senapelan. Ketika itu masih berlaku sistem kebatinan dan kampung ini dipimpin oleh seorang tokoh yang disebut batin.

Kerajaan Siak di bawah kekuasaan Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah, kampung ini dijadikan sebagai pusat kerajaan sehingga berkembang pesat. Dan oleh Sultan keempat ini, Kampung Senapelan rencananya dijadikan Pekan. Setelah sultan mangkat, rencana itu dilanjutkan oleh putranya yang bernama Sultan Ali Abdul Jalil Muazzam Syah. Dan semenjak 23 Juni 1784, Kampung Senapelan berganti nama menjadi Pekanbaru.

Pada 17 Mei 1956 berdasarkan penetapan Gubernur Sumatera di Medan No.103, kota ini dijadikan Daerah Otonomi yang disebut Harnite (Koa Baru) dan kemudian statusnya menjadi Kotapraja Pekanbaru. Tiga tahun kemudian, tepatnya tanggal 20 Januari 1959, kota ini ditetapkan menjadi Ibukota Provinsi Riau yang sebelumnya berkedudukan di Tanjungpinang, berdasarkan Surat Keputusan Mendagri No. Des.52/1/ 44-25.

Kota Riau memiliki luas 632,26 Km persegi, yang terdiri dari 12 kecamatan, yakni Kecamatan Pekanbaru Kota, Senapelan, Sukajadi, Limapuluh, Sail, Rumbai, Bukit Raya, Tampan, Payung Sekaki, Marpoyan Damai, Rumbai Pesisir, dan Kecamatan Tenayan. Kota ini dibelah oleh Sungai Siak yang bermuara ke Selat Malaka menjadi dua bagian.

Nah, seperti sedikit penjelasan diatas tadi ada banyak sekali Objek Wisata Riau yang bisa kita nikmati. Apabila anda senang berwisata sejarah dan religi datang saja ke Mesjid Raya Pekanbaru, Museum Sang Nila Utama, dan Mesjid Agung An-nur. Atau mau berwisata budaya, kunjungi saja Bandar Serai dan Balai Adat Melayu Riau. Ingin berwisata kuliner, nikmati aneka hidangan khas Melayu dan Minang Melayu serta cicipi pulut durian.

Belum puas kunjungi obyek alamnya seperti menyusuri Sungai Siak, Taman Rekreasi Danau Limbungan, dan Taman Pancing Alam Mayang. Mau belanja souvenir untuk oleh-oleh? Pergi saja ke Pasar Bawah atau beberapa mall yang ada di kota ini.

Pasar Bawah atau yang disebut pasar tertua di Pekanbaru ini dijual beragam karpet, tas, aksesoris, souvenir seperti gantungan kunci, makanan ringan, dan keramik dari berbagai negara tetangga. Di basement-nya ada penjual aneka ikan asin dan keperluan sehari-hari lainnya.

Bagi yang ingin mencoba kuliner khas daerah Riau, banyak tersedia restoran yang menyajikan menu khas Minang Melayu, seperti hindangan Gulai Kepah atau kerang, Sambal Janda Mengamuk yang terdiri dari jengkol muda, pare, buncis dan Ikan Sepat dengan rasa pedas, Sayur Anyang semacam urab dari pakis dan toge, serta minum Jus Martobe, campuran buah Markisa dan Terong Belanda.

Malam harinya, Anda bisa bersantap hidangan khas Melayu di salah satu rumah makan, antara lain di beberapa Restoran di Jalan Mustafa Sari dengan menu Gulai Siput Talas yang berbahan siput atau keong kecil-kecil, Sayur Ikan Patin Pedas, dan Ikan Selai Selais. Kalau lambung Anda masih muat, lanjutkan mencicipi pulut durian, jajanan malam khas Pekanbaru di sepanjang jalan utama. Pulut (ketan putih yang ditaburi parutan kelapa) menjadi teman makan durian Kampar atau pun durian Medan.

Cukup menarik bukan, sebanarnya masih banyak lagi tempat-tempat menarik yang bisa Anda sambangi seperti mengunjungi Balai Adat Melayu Riau yang berada di Jalan Diponegoro, Museum Sang Nila Utama di Jalan Jendral Sudirman, Gedung Taman Budaya Riau, Bandar Seni Raja Ali Haji (Bandar Serai) yang berada tak jauh dari kawasan Bandara Sultan Syarif Kasim II (SSK II), dan masih banyak lagi tempat menarik lainnya.

Itulah sekilas Informasi Travel Dan Wisata pada kesempatan kali ini tentang Menyambangi Beragam Pesona Objek Wisata Pekanbaru Riau. Baca juga Artikel Travel sebelumnya tentang Owabong Bojongsari Tempat Menikmati Wisata Air di Purbalingga. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi wisata keluarga Anda...

 
© Copyright 2013 - 2017Informasi Travel Dan Wisata Partnership Wisata Alam Indonesia Powered by Blogger.com.