Kamis, 07 November 2013

Mengenal Karapan Kambing Salah Satu Tradisi Masyarakat di Lumajang

Mengenal Karapan Kambing Salah Satu Tradisi Masyarakat di Lumajang ---Pastinya sedikit terdengar aneh dan unik, tetapi ini memang ada. Memang selama ini masyarakat hanyaa mengenai masyarakat Jawa Timur dengan Karapan Sapinya. Tapi, kini tak hanya sapi. Di Lumajang, Karapan Kambing juga sering diadakan.

Seperti apakah uniknya kegiatan Karapan Kambing di Lumajang? Pada kesempatan kali ini Artikel Travel akan berbagi sekilas Informasi Travel Dan Wisata tentang Mengenal Karapan Kambing Salah Satu Tradisi Masyarakat di Lumajang.
Mengenal Karapan Kambing Salah Satu Tradisi Masyarakat di Lumajang
Karapan Kambing biasanya sering diselanggarakan dibeberapa desa Lumajang, Jawa Timur. Salah satunya yaitu Desa Lempeni, Kecamatan Tempeh. Masyarakat desa ini sering mengadakan kegiatan karapan kambing, mereka menggelar Karapan Kambing sebagai tradisi dalam rangka acara selamatan desa.

Perlombaan Karapan Kambing biasanya dibagi menjadi dua bagian, tunggal dan ganda. Keunikannya pada kambing-kambing yang dilombakan dihiasi dengan balon, bunyi-bunyian dan jarum pada ekornya, untuk penyemangat agar larinya kencang.

Bedanya, jika pada Karapan Sapi sang joki naik pada punggung sapi, pada Karapan kambing ini sang joki turut ikut lari di belakang kambing untuk memberikan teriakan penyemangat.

Karapan Kambing juga tak hanya menggelar ketangkasan dalam berlari. Sejumlah kambing yang ikut juga dihiasi berbagaii variasi agar terlihat cantik saat berlomba. Diketahui, Karapan Kambing sudah menjadi budaya dan diadakan dalam rangka acara selamatan desa.

Itulah sekilas Informasi Travel Dan Wisata pada kesempatan kali ini tentang Mengenal Karapan Kambing Salah Satu Tradisi Masyarakat di Lumajang. Baca juga Artikel Travel lainnya tentang Melihat Kegiatan Pembukaan Festival Tabot Bengkulu 2013. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi wisata keluarga Anda...

 
© Copyright 2013 - 2017Informasi Travel Dan Wisata Partnership Wisata Alam Indonesia Powered by Blogger.com.