Senin, 16 September 2013

Sisah Kesultanan Sambas Salah Satu Objek Wisata Budaya Kalbar

Objek Wisata Budaya Sisah Kesultanan Sambas Kalimantan Barat ---Pusat pemerintahan Kesultanan Sambas terletak di sebuah kota kecil yang sekarang dikenal dengan nama Sambas. Lokasi bekas pusat pemerintahan terletak di tepi kota Sambas. Di daerah pertemuan sungai Sambas, Sambas Kecil, dan Teberau, pada sebuah tempat yang oleh penduduk disebut Muare Ullakan (Desa Dalam Kaum) berdiri keraton Kesultanan Sambas. Sementara pusat pemerintahan Kesultanan Sambas terletak di daerah pertemuan sungai pada bidang tanah yang berukuran sekitar 16.781 meter persegi membujur arah barat-timur.
Kesultanan Sambas Kalimantan Barat
Terdapat beberapa buah bangunan di bidang tanah ini, yaitu dermaga tempat perahu/kapal sultan bersandar, dua buah gerbang, dua buah paseban, kantor tempat sultan bekerja, bangunan inti keraton (balairung), dapur, dan masjid sultan.

Cukup menarik mengunjungi tempat ini, karena selain mengetahui sejarah dari kesultanan Sambas kita juga bisa melihat langsung barang-barang sisah peninggalan seperi singgasana kesultanan, pedang pelantikan Sultan, gong, tombak, payung kuning yang merupakan lambang kesultanan, dan meriam lele.

Jika kamu berminat dan ingin mengunjungi Objek Wisata Budaya Sisah Kesultanan Sambas Kalimantan Barat ini, kamu dapat melalui akses sebagai berikut :

Akses Menuju Lokasi Kesultanan Sambas Kalbar
Untuk mencapai kota ini dapat ditempuh dengan kendaraan darat dari kota Pontianak ke arah barat laut sejauh 175 km, melalui kota Mempawah, Singkawang, Pemangkat, dan Sambas.
Itulah sekilas tentang Objek Wisata Budaya Sisah Kesultanan Sambas Kalimantan Barat yang dapat disampaikan Informasi Travel Dan Wisata pada kesempatan kali ini, baca juga Artikel Travel sebelumnya tentang Kota Mamasa Sulawesi Barat Salah Satu Objek Wisata Mistis Toraja.

 
© Copyright 2013 - 2017Informasi Travel Dan Wisata Partnership Wisata Alam Indonesia Powered by Blogger.com.