Minggu, 22 September 2013

Melihat Lembah Luas Dan Pesona Alam Payakumbuh Sumatera Barat

Pesona Objek Wisata Alam Payakumbuh Sumatera Barat ---Kota Padang merupakan tempat yang cocok untuk menikmati wisata alam yang begitu mempesona. Salah satunya adalah Wisata Alam Payakumbuh, Nah seperti apa sebenarnya kindahan alam Payakumbuh.? Pada kesempatan kali ini Artikel Travel akan berbagi sekilas Informasi Travel Dan Wisata tentang Objek Wisata Alam Payakumbuh Sumatera Barat.
Payakumbuh Sumatera Barat
Payakumbuh merupakan Ibu Kota Kabupaten Limapuluh Kota. Tempat ini dikelilingi lembah luas dan lahan subur untuk pertanian di utara Gunung Malintang. Anda hanya perlu berkendara sekira 2,5 jam atau sejauh 125 km untuk mencicipi keindahan alam yang menyegarkan mata dan menentramkan hati.

Alam Payakumbuh adalah obat alami berdosis tinggi untuk menyegarkan jiwa dan pikiran Anda dari kepenatan dan hiruk pikuk aktivitas keseharian. Keindahan hamparan sawah hijau, hutan tropis lebat, dan lembah yang menawan menanti Anda di sini. Jalanannya berkelok-kelok dengan pemandangan Gunung Singgalang.

Sejarah Payakumbuh telah dimulai dengan saksi bisu berupa bebatuan megalit dari masa prasejarah tersebar di berbagai tempat di Limapuluh Kota termasuk di Payakumbuh. Bebatuan ini disusun dan diukir manusia prasejarah yang tidak diketahui asal-usulnya. Bukti inilah yang menunjukan bahwa keberadaan Payakumbuh sudah ada sejak ratusan tahun lalu.

Berikutnya, keberadaan kolonial Belanda di Payakumbuh tidaklah lepas dari peran masyarakatnya selama Perang Padri 1803-1821. Kota Payakumbuh dibangun pemerintah kolonial Hindia Belanda sejak keterlibatan mereka dalam Perang Padri.

Salah satu kawasan di dalam kota ini yang paling tua dibangun adalah Nagari Aie Tabik, serta jembatan batu yang dibangun pada 1840 untuk menghubungkan kawasan tersebut dengan pusat Kota Payakumbuh sekarang ini. Jembatan ini sekarang dikenal dengan nama Jembatan Ratapan Ibu. Payakumbuh kemudian berkembang menjadi depot penyimpanan kopi dan salah satu distrik administrasi pemerintah Hindia Belanda.

Tak hanya sekedar menikmati kaindahan alam, di Payakumbuh kita juga bisa melihat pertunjukan tradisional randai yang menggabungkan seni bela diri, alunan lagu, dan musik tradisional. Randai umumnya ditampilkan dalam upacara adat atau pagelaran seni. Kota ini juga memiliki alat musik talempong dan saluang, alat musik tradisional serupa gamelan dan suling dari Jawa. Ada juga pertunjukan pacu itik yang setiap tahunnya diselenggarakan di nagari-nagari dalam kota ini.

Sungguh menyenangkan menikmati indahnya wisata alam di Objek Wisata Payakumbuh Sumatera Barat, memanjakan mata sambil melihat kebudayaan yang ada di masyarakat Payakumbuh Sumatera Barat.

Itulah sekilas tentang Pesona Objek Wisata Alam Payakumbuh Sumatera Barat yang dapat dibagikan Informasi Travel Dan Wisata pada kesempatan kali ini. Baca juga Artikel Travel sebelumnya tentang Melihat Bangunan Bersejarah Benteng Marlborough di Bengkulu.

 
© Copyright 2013 - 2017Informasi Travel Dan Wisata Partnership Wisata Alam Indonesia Powered by Blogger.com.