Selasa, 11 Februari 2014

Daftar Nama Kuliner Khas Garut Yang Terkenal Enak

Daftar Nama Kuliner Khas Garut Yang Terkenal Enak - Selain terkenal dengan Dodol Garut, Daerah Garut, Jawa Barat ini ternyata masih memiliki banyak lagi jenis kuliner yang tidak kalah enaknya.

Lalu, apa sajakah nama kuliner khas Garut yang lainnya? Untuk itu pada kesempatan kali ini Artikel Travel akan berbagi sekilas Informasi Travel Dan Wisata tentang Daftar Nama Kuliner Khas Garut Yang Terkenal Enak.
Daftar Nama Kuliner Khas Garut Yang Terkenal Enak
Nah, untuk menikmati berbagi jenis kuliner khas Garut lainnya maka kita harus menuju Pasar Ceplak Garut, terletak di Jalan Siliwangi Pasar Ceplak merupakan pasar yang menjual berbagai macam kuliner khas garut, Pasar Ceplak ini ramai dimalam hari.

Pada pagi sampai siang hari, Jalan Siliwangi ini merupakan jalan umum yang dilalui kendaran. Nah, saat sore menjelang, gerobak-gerobak dan warung tenda pun beraksi di sisi-sisi Jalan Siliwangi. Hanya menyisakan jalan sempit di tengah-tengah untuk motor lalu lalang. Mobil sudah tentu tak bisa lewat.

Jalanan sebenarnya gelap. Namun begitu terang berkat lampu-lampu dari warung-warung tenda. Di Pasar Ceplak, aneka makanan seperti ayam goreng, sate, dan gado-gado sampai jajanan misalnya pisang molen, kue mayang, siomay, dan masih banyak lagi jajanan yang enak lainnya. Nah, berikut ini ada beberapa jajanan khas Garut yang cukup terkenal karena rasanya yang begitu menggugah selera, diantaranya yaitu:

Daftar Kuliner Khas Garut Yang Terkenal Enak
1. Soto Garut
Daftar Nama Kuliner Khas Garut Yang Terkenal Enak
Soto Garut cukup terkenal dengan rasanya yang mengugah selera. Jika Anda ingin mencoba Soto Garut, jajanan ini berlokasi di lintasan ruas Jalan Cimanuk, tepatnya samping Koperasi Hikmat.

2. Bakso Garut
Daftar Nama Kuliner Khas Garut Yang Terkenal Enak
Nah, kuliner khas Garut yang enak lainnya yaitu Bakso Garut. Bakso Garut terkenal rasanya yang khas. Ada beberapa tempat beli bakso Garut yang cukup terkenal, diantaranya :

Mie Bakso Mang Iko
Dikenal karena cara memasaknya tidak menggunakan api berasal dari kompor gas atau kompor minyak tanah, melainkan menggunakan arang. Kuahnya juga bening, tidak begitu kental oleh lemak-lemak atau bumbu. Karena itu pula, bakso Mang Iko yang terletak di Jl. Pasar Baru ini, banyak diburu pembeli yang kebanyakan kaum wanita. Harga per porsinya 10 ribu rupiah, termasuk baso tahu atau baso bawang dan baso bulat.

Mie Baso Ceu Ikah
Untuk ukuran daerah Garut, sebetulnya harga yang dipasang per porsi 15 ribu rupiah, itu agak berat untuk sebagian orang. Tapi Mie Baso Ceu Ikah yang lokasinya di jalan rel kereta api Rengganis ini, selalu penuh oleh antrian pembelinya. Bahkan orang Garut yang berdomisili di Bandung, sering menyempatkan diri makan bakso ke Ceu Ikah, jika kebetulan pulang ke Garut. Kuahnya khas, lezat dan gurih, karena menggunakan minyak ekstrak udang yang dibuat sendiri. Baksonya juga enak, dagingnya berasa, tangkarnya juga banyak.

Mie Baso Ceu Titi
Lokasinya di Jl. Cimanuk seberang Bank BPR Karya Jatnika. Nah yang ini lain lagi, istimewanya bakso Ceu Titi karena menggunakan bumbu kacang yang diblender halus lalu dicampur dengan bumbu lain seperti garam, kecap dan penyedap. Kuahnya khas banget. Begitupun dengan rasa baksonya yang beda dengan bakso lainnya. Ceu Titi yang sudah berusia senja dan usahanya kini diteruskan oleh putrinya ini memasang harga 12 ribu per porsi.

3. Es Goyobod
Daftar Nama Kuliner Khas Garut Yang Terkenal Enak
Es Goyobod merupakan minuman khas yang menarik untuk baraya Inilah Garut Online coba ketika berkunjung di Garut, minuman ini tidak jauh berdeba dengan es campur pada umumnya namun yang membedakannya adalah Goyobodnya tersebut, sebuah potongan yang terbuat dari tepung kanji kemudian disatukan dengan es campur. Dalam satu gelas es goyobod terdapat juga potongan roti yang dipadukan dengan cita rasa kenikmatan yang sungguh khas dan mengugah selera, apa lagi jika kita nikmati pada siang hari yang terik.Untuk mendapatkan dan menikmati ES Goyobod khas Garut, baraya tidak perlu susah karena minuman ini banyak tersaji di rumah-rumah makan. Namun jika anda ingin menikmatinya dengan sedikit suasana yang berbeda anda bisa juga mendapatkan es campur nikmat ini di alun-alun Garut, tepatnya di samping lembaga pemasyarakatan dan tempat ini tepat di depan lapangan alun-alun garut. Anda juga bisa menikmati suasana mesjid agung Garut dan babancong sambil menikmati segelas es goyobod.

4. Awug Garut
Daftar Nama Kuliner Khas Garut Yang Terkenal Enak
Awug adalah makanan/jajanan khas Jawa Barat. Di Garut, awug cukup populer di kalangan penggemar kuliner. Kenapa? Karena di Garut ada sebuah lokasi dimana beberapa masyarakatnya mempunyai keahlian membuat jenis makanan ini, yaitu di Panawuan. Ya, awug buatan Panawuan sangat dikenal karena rasanya yang lembut, manisnya legit serta parutan kelapanya yang gurih. Awug terbuat dari bahan tepung beras, gula aren dan kelapa parut. Dari bahan yang sama juga bisa menjadi penganan lain dengan nama beda, yaitu kue Putu. Bedanya kue putu dicetak dalam potongan bambu kecil berukuran kira-kira panjang 6 cm, sedangkan Awug dicetak dalam ‘Aseupan’ berbentuk piramid. Jika Anda ingin mencoba mencicipi, Awug Garut ini banyak dijajakan oleh para pedagang kaki lima.

Itulah dari beberapa jenis Kuliner Khas Garut yang cukup terkenal karena keunikan serta rasanya yang mengugah selera, semoga informasi Daftar Kuliner Khas Garut Yang Terkenal Enak diatas bisa menjadi ispirasi wisata Anda dan keluarga.

Demikian sekilas Informasi Travel Dan Wisata pada kesempatan kali ini tentang Daftar Kuliner Khas Garut Yang Terkenal Enak. Baca juga Artikel Travel lainnya tentang Kuliner Khas Bandung Yang Terkenal Enak Dan Murah.

 
© Copyright 2013 - 2017Informasi Travel Dan Wisata Partnership Wisata Alam Indonesia Powered by Blogger.com.