Kamis, 21 November 2013

Menikmati Segarnya Air Terjun di Tengah Pegunungan Karst Gunungkidul

Menikmati Segarnya Air Terjun di Tengah Pegunungan Karst Gunungkidul - Objek Wisata yang satu ini sangat cocok bagi Anda pencinta alam. Terletak di Gunungkidul, Yogyakarta Air Terjun Pegunungan Karst ini akan memanjakan setiap pengunjung yang datang dengan keindahan serta sejuknya udara disekitar air terjun.

Seperti apa keindahan Air Terjun Pegunungan Karst Gunungkidul ini? Pada kesempatan kali ini Artikel Travel akan berbagi sekilas Informasi Travel Dan Wisata tentang Menikmati Segarnya Air Terjun di Tengah Pegunungan Karst Gunungkidul.

Mungkin selama ini Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta ini lebih terkenal dengan daerah kering dan gersang. Belum banyak masyarakat tahu bahwa di tanah karst ini, terdapat wisata air terjun indah yang bisa menjadi alternatif liburan bersama keluarga.

Terletak di Kecamatan Playen, Gunungkidul Air terjun itu bernama Sri Gethuk. Sesampainya di lokasi, pengunjung akan menemui Goa Rancang Kencana yang dipercaya sebagai lokasi persinggahan para pejuang. Bagian dalam gua indah dan lapang, mulut guanya cukup besar, jalan masuknya menurun dengan beberapa anak tangga, memudahkan siapapun untuk menjelajah ke setiap sudut gua.
Menikmati Segarnya Air Terjun di Tengah Pegunungan Karst Gunungkidul

Keberadaan pohon raksasa yang tumbuh menjulang ke atas dari dalamnya, menambah suasana yang sedap dipandang mata. Catatan sejarah dan cerita mistik juga menyertai keberadaan gua Rancang Kencana.

Jika ingin menuju ke air terjun menuju ke arah barat sekira 750 meter dari bibir gua, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi. Namun jika ingin berjalan kaki, pengunjung akan disuguhi pemandangan hamparan sawah luas dan kolam ikan.

Di sepanjang jalan menuju lokasi, kanan dan kirinya terdapat pohon kelapa. Di sekitar lokasi terdapat tiga sumber mata air, yakni Ngandong, Dong poh, dan Ngumbul, dengan debit air cukup tinggi dan mampu mengairi sawah.

Sesampainya di lokasi, pengunjung kemudian menuruni seratusan anak tangga, namun ada alternatif lebih menarik, yakni menggunakan perahu getek dengan mesin, untuk menuju kelokasi air terjun. Selama dalam perjalanan menggunakan getek, pengunjung melihat kelokan Sungai Oya, yang berada ditengah tebing-tebing bebatuan karst. Dengan air jernih dan suara gemericik air, suasana romatis semakin terasa.
Menikmati Segarnya Air Terjun di Tengah Pegunungan Karst Gunungkidul
Air terjun setinggi 50-an meter mengobati rasa lelah perjalanan, kesegaran air yang seolah mengajak pengunjung untuk bermain air di sekitar air terjun. Percikan air yang mengalir sepanjang tahun membawa kesegaran bagi pengunjung.

Sayangnya saat ini keberadaan Air Terjun Sri Gethuk belum dioptimalkan oleh pemerintah Kabupaten Gunungkidul. Terlihat kondisi jalan menuju lokasi menjadi kendala bagi sebagian besar wisatawan yang ingin berkunjung ke air terjun. Karena sebagian jalan sudah rusak parah dan belum diaspal.

Namun, bagi Anda yang penasaran dan ingin menikmati langsung kesegaran serta suasana yang masih alami di air terjun Sri Getuk Gunungkidul ini bisa menempuh jalur berikut :

Akses Menuju Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul
Air terjun Sri Getuk terletak di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, sekira 45 km dari Kota Yogyakarta. Menuju ke lokasi harus menggunakan kendaraan pribadi karena tidak adanya angkutan umum yang masuk ke lokasi tersebut.
Itulah sekilas Informasi Travel Dan Wisata pada kesempatan kali ini tentang Menikmati Segarnya Air Terjun di Tengah Pegunungan Karst Gunungkidul. Masih di Yogyakarta, baca juga Artikel Travel lainnya tentang Taman Sari (Pemandian Sultan) Di Yogyakarta. Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi wisata keluarga Anda...

 
© Copyright 2013 - 2017Informasi Travel Dan Wisata Partnership Wisata Alam Indonesia Powered by Blogger.com.