Minggu, 17 November 2013

Kebun Raya Eka Karya Bedugul Salah Satu Objek Wisata Alam di Bali

Kebun Raya Eka Karya Bedugul Salah Satu Objek Wisata Alam di Bali - Bali memang terkenal dengan tempat-tempat wisatanya yang menarik. Mulai dari wisata bahari, wisata alam , sejarah dan lain sebagainya. Salah satu tempat yang pas untuk menikmati keindahan alam di Bali yaitu Kebun Raya Eka Karya.

Seperti apakah keindahan alam yang bisa kita nikmati di Kebun Raya Eka Karya Bali? Pada kesempatan kali ini Artikel Travel akan berbagi sekilas Informasi Travel Dan Wisata tentang Kebun Raya Eka Karya Bedugul Salah Satu Objek Wisata Alam di Bali.
Kebun Raya Eka Karya Bedugul Salah Satu Objek Wisata Alam di Bali
Hiruk pikuk kota, serta pekerjaan yang menumpuk selama sepekan tentunya sangat membosankan. Pastinya Anda membutuhkan refreshing dan berlibur untuk memulihkan kembali tenaga dan pikiran yang terkuras selama bekerja. Nah, Kebun Raya Eka Karya bisa menjadi pilihan Anda untuk berlibur.

Berada di dataran tinggi basah atau 1.240 meter dari permukaan laut, menjadikan Kebun Raya Bedugul memiliki keunikan dan kekhasan dibanding kebun raya lainnya. Dengan kesejukan udara bertemperature sekitar 18-20 derajat Celcius, diperindang dengan pepohonan yang didominaasi Pinus dan Palm, pengunjung akan merasakan kesegaran yang tidak ditemukan di obyek wisata lainnya di Pulau Dewata.

Pengunjung bisa menikmati beragam spesies yang menjadi koleksi kebun raya. Saat ini terdapat 2200 jenis tanaman atau sekitar 20.000 spesies yang tersebar di atas lahan seluas 157,5 hektare. Koleksi tersebut di antaranya koleksi Begonia, Angggrek, Kaktus, Palm, Paku dan lainnya.
Kebun Raya Eka Karya Bedugul Salah Satu Objek Wisata Alam di Bali
Sebenarnya Kebun raya ini didirikan sejak 15 Juli tahun 1959, dan merupakan satu-satunya karya khas anak bangsa, karena tiga kebun raya lainnya di Cibodas, Bogor dan Purwadadi, adalah warisan penjajahan kolonial Belanda.

Selain kekhasan yang dimiliki, Kebun raya ini juga menjadi kebanggaan bagi warga Bali karena salah satu perintisnya adalah putra asli Bali bernama I Made Taman, atas inisiator Presiden I RI Ir Soekarno.

Keberadaan kebun raya ini memiliki empat fungsi untuk konservasi, penelitian, pendidikan dan wisata. Konservasi dimaksudkan untuk melestarikan dan mengembangkan berbagai spesies tanaman seperti Begonia yang kini telah didaftarkan di Asosiasi Begonia Amerika pada tahun 2008.

Untuk tujuan penelitian, kebun raya ini cukup banyak menjadi obyek peneltian para ilmuwan dalam dan luar negeri. Beberapa peneliti mancanegara datang ke kebun raya diantaranya Prancis, Inggris, Brazil dan negera lainnya.

Sedangkan tujuan pendidikan, di lokasi ini terdapat tanaman koleksi yang mencapai ribuan spesimen dan dilengkapi dengan berbagai layanan dan jasa fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung. Tempat wisata Kebun Raya Bedugul ini juga sebagai sebuah laboratorium alam.

Keindahan Kebun Raya Bedugul memang memikat hati wisatawan, hal itu terlihat dari tingginya animo warga baik dalam maupun luar Bali termasuk wisatawan asing. Berdasar catatan pihak pengelola, diketahui dalam satu tahun, jumlah pengunjung mencapai rata-rata 350 ribu orang. Dari jumlah tersebut 10 ribu di antaranya adalah wisatawan mancanegara.

Gimana, cukup maenarik bukan? Untuk masalah biaya sendiri tak usah khawatir karena cukup hanya merogoh kocek Rp7 ribu perorang, pengunjung bisa leluasa menyusuri kebun raya. Bagi Anda yang berminat untuk mengunjungi lokasi wisata alam di Bali ini, bisa menempuh jalur berikut :

Akses Menuju Kebun Raya Eka Karya Bali
Kawasan Kebun Raya Eka Karya berada di Desa Candi Kuning, Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan. Atau terletak sekitar 80 km ke arah utara dari Denpasar.
Itulah sekilas Informasi Travel Dan Wisata pada kesempatan kali ini tentang Kebun Raya Eka Karya Bedugul Salah Satu Objek Wisata Alam di Bali. Baca juga Artikel Travel lainnya tentang Objek Wisata Pentadio Resort Di Gorontalo. Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi wisata keluarga Anda...

 
© Copyright 2013 - 2017Informasi Travel Dan Wisata Partnership Wisata Alam Indonesia Powered by Blogger.com.