Rabu, 25 September 2013

Ada Situs Sejarah Manusia Purba di Museum Arkeologi Sangiran

Mengunjungi Wisata Sejarah Manusia Purbakala di Museum Arkeologi Sangiran ---Jika Anda berkunjung ke Jawa Tengah, tempat wisata sejarah yang satu ini jangan sampai terlewatkan. Museum Arkeologi Sangiran, terletak di provinsi Jawa Tengah merupakan salah satu situs arkeologi yang tergolong paling lengkap di Asia.
Museum Arkeologi Sangiran
Apa sajakah hal menarik yang bisa Anda ketahui di Museum Arkeologi Sangiran? Pada kesempatan kali ini Artikel Travel akan berbagi sekilas Informasi Travel Dan Wisata kepada teman-teman tentang Situs Sejarah Manusia Purba di Museum Arkeologi Sangiran.

Museum Arkeologi Sangiran juga termasuk salah satu dari 3 Objek Wisata Indonesia Warisan Dunia. Berada di areanya seluas 56 km² dan terletak di kaki Gunung Lawu, atau sekitar 15 km utara Surakarta di lembah Sungai Bengawan Solo, situs Sangiran memberi informasi lengkap sejarah kehidupan manusia purba meliputi habitat, pola kehidupannya, binatang yang hidup bersamanya, hingga proses terjadinya bentang alam dalam kurun waktu tidak kurang dari 2 juta tahun (Pliosen Akhir hingga akhir Pleistosen Tengah).

Banyak hal menarik yang bisa kamu ketahui di Museum Arkeologi Sangiran, seperti melihat koleksi fosil manusia purba terlengkap di Asia yang banyaknya sekitar 13.809 koleksi fosil. Ada juga fosil hewan bertulang belakang, fosil binatang air, batuan, fosil tumbuhan laut, alat-alat batu, dan beberapa jenis hewan seperti badak, sapi, rusa, banteng, dan kerbau.

Selain itu, di Museum Arkeologi Sangiran juga tersedia ruang audio visual untuk menyaksikan fosil tinggalan kehidupan masa prasejarah di Sangiran. Museum Sangiran saat ini menjadi sebuah museum megah dengan arsitektur modern. Anda juga dapat melihat dari dekat koleksi fosil manusia purba, binatang yang hidup pada masa itu, hingga peralatan yang digunakannya.

Situs Sangiran merupakan obyek wisata ilmiah yang menarik. Tempat ini memiliki nilai tinggi bagi ilmu pengetahuan dan merupakan aset Indonesia. Sejak tahun 1977 situs Sangiran ditetapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia sebagai cagar budaya. Tahun 1996 Sangiran terdaftar dalam Situs Warisan Dunia UNESCO sebagai World Heritage (No. 593, dokumen WHC-96/Conf.201/21). Sejak ditetapkannya sebagai World Heritage oleh UNESCO, Sangiran memberi sumbangannya terhadap perkembangan ilmu pengetahuan di dunia khususnya ilmu arkeologi, geologi, paleoanthropologi, dan biologi. Dilihat dari hasil temuannya, Situs Sangiran merupakan situs purbakala yang paling lengkap di Asia bahkan di dunia.

Cukup menarik bukan, Anda bisa mengetahui serta melihat langsung bagaimana sejarah kehidupan purba di Museum Arkeologi Sangiran. Sangat disayangkan jika Anda sampai melewatkan situs sejarah yang merupakan aset negara kita.

Itulah sekilas tentang Situs Sejarah Manusia Manusia Purba di Museum Arkeologi Sangiran yang dapat disampaikan Informasi Travel Dan Wisata pada kesempatan kali ini. Masih di Jawa Tengah, baca juga Artikel Travel sebelumnya tentang Wisata Arkeologi di Situs Purba Patiayam Semarang.

 
© Copyright 2013 - 2017Informasi Travel Dan Wisata Partnership Wisata Alam Indonesia Powered by Blogger.com.