Sabtu, 19 April 2014

Daftar Nama Kuliner/Makanan Khas Jambi Yang Terkenal Enak

Daftar Nama Kuliner/Makanan Khas Jambi Yang Terkenal Enak - Jambi merupakan salah satu provinsi di Sumatera yang menyimpan berbagai tempat-tempat wisata menarik seperti Wisata Edukasi Taman Mini Kota Jambi, Wisata Alam Danau Sipin Jambi, Sungai Batanghari, dan lain sebagainya.

Selain itu masih banyak lagi kegiatan menarik lain yang bisa Anda lakukan di Jambi, salah satunya yitu mencicipi berbagai Kuliner atau Makanan Khas kota Jambi yang tentunya akan menggugah selera makan Anda.
Daftar Nama Kuliner/Makanan Khas Jambi Yang Terkenal Enak
Saat Anda berkunjung ke Kota Jambi, ada beberapa kuliner yang terkenal dan wajib Anda coba, seperti apa? Untuk itu berikut ini Artikel Travel akan berbagi beberapa informasi tentang Daftar Nama Makanan Khas Jambi yang wajib Anda coba :

Daftar Kuliner Khas Jambi Yang Terkenal Enak
Kue Srikaya dan Gandus
Dua makanan ini merupakan jenis kue yang disuka dan menjadi favorit bagi masyarakat jambi. Kue Gandus berasal dari tepung beras, sagu, santan, bawang putih yang dihaluskan, garam, dan potongan kecil cabe. setelah tercampur maka dapat dicetak dalam bentuk bulat maupun ditaruh dalam loyang dan dikukus selama 10 menit. Setelah matang kemudian dipotong menjadi irisan - irisan persegi kecil. Kue Gandus kemudian di hias dengan taburan udang, ebi, ayam, daging giling, ataupun abon ikan. Rasanya legit dan gurih dan membuat yang menikmati terasa ketagihan.

Sedangkan Kue Srikaya berbahan dasar tape yang dicampur dengan santan, kemudian diberi pewarna hijau dalami yang berasal dari daun pandan (sekaligus memiliki wangi khas pandan). Selain itu ditambahkan pula gula dan rempah - rempah pendukungnya. Rasanya sangat nikmat dan memiliki aroma yang khas.
Nasi Gemuk dan Jus Pinang
Dua kuliner ini saling melengkapi satu sama lain. Nasi Gemuk atau Nasi Uduk termasuk makan favorit di Jambi. Nasi Gemuk biasanya dijadikan menu sarapan di pagi hari. Yang unik, Nasi Gemuk juga bisa didapatkan di Malaysia ataupun Singapura dengan sebutan Nasi Lemak. Kuliner ini terbuat dari beras, santan, daun pandan, daun salam, dan daun jeruk.

Sedangkan Jus Pinang merupakan minuman favorit warga Jambi. Dipercaya memiliki banyak khasiat, diantaranya meningkatkan stamina dan ketahanan tubuh, melancarkan peredaran darah dan mencegah masuk angin. Sesuai dengan namanya, Jus Pinang menggunakan bahan dasar Buah Pinang yang ditambah gula merah, jahe merah, pandan, serai, cengkeh, dan kulit manis. Jus Pinang juga bisa dicampur dengan sebutir telur ayam kampung.
Tempoyak Jambi
Tempoyak merupakan kuliner khas Sumatera yang cukup terkenal khususnya daerah Jambi dan Sumatera bagian Selatan. Tempoyak berasal dari Durian yang 'digosongkan'. Caranya dengan memisahkan daging Buah Durian dengan bijinya dan disimpan dalam wadah tertutup rapat. Semakin lama waktu penyimpanan maka akan membuat rasa dan aromanya menjadi lebih nikmat. Adanya proses ini merubah unsur - unsur kimia dan fisika pada durian. Hasil olahan durian ini berbau menyengat, tekstur lembek, dan asam rasanya. Paling enak bila dicampur dengan sambal atau bumbu pepes. Bagi penggemar beratnya, Tempoyak memiliki rasa yang luar biasa lezat.
Itulah beberapa dari Daftar Kuliner Khas Jambi Yang Terkenal Enak, semoga informasi mengenai kuliner khas Jambi diatas bisa membantu para sobat Traveller yang sedang berkunjung ke kota Jambi.

Demikian sekilas informasi pada kesempatan kali ini tentang Daftar Kuliner Khas Jambi Yang Terkenal Enak. Baca juga Artikel Travel lainnya tentang Daftar Nama Penginapan atau Hotel Murah Di Jakarta.

 
© Copyright 2013 - 2017Informasi Travel Dan Wisata Partnership Wisata Alam Indonesia Powered by Blogger.com.