Jumat, 06 Februari 2015

Daftar Nama Kuliner | Makanan Khas Gorontalo Yang Terkenal Enak

Daftar Nama Kuliner | Makanan Khas Gorontalo Yang Terkenal Enak - Setelah sebelumnya kita membahas tentang Kuliner Khas Manado, pada kesempatan kali ini KIRIKANANJALAN akan berbagi beberapa info tentang Nama Makanan Khas Gorontalo yang terkenal lezat.

Memang Indonesia kaya akan budaya, tempat wisata, serta berbagai macam kuliner. Bagi sobat traveller yang sedang berkunjung ke Gorontalo, Anda wajib mencoba berbagai jenis kuliner/makanan khas Gorontalo yang terkenal enak. Lalu apa saja nama makanan khas Gorontalo yang populer dikalangan para wisatawan? Langsung saja kita simak penjelasannya berikut :
Kuliner Khas Gorontalo Yang Terkenal
Daftar Kuliner Khas Gorontalo Yang Terkenal
Binte Biluhuta, Khas Gorontalo
binthe artinya jagung, biluhuta artinya disiram atau siraman, dalam analisa luas, artinya jagung siram atau lebih popuoler dimayarakat Gorontalo dan sulawesi utara adalah milu siram. Makanan ini berbahan dasar jagung dan beberapa rempah-rempah sebagai penyedap. Bagi masyarakat Gorontalo, makanan ini bukanlah makanan yang asing, tetepi makanan ini merupakan salah satu daftar makanan yang paling digemari di Gorontalo. Dibeberapa daerah, mungkin jagung bakar atau rebus merupakan makanan camilan malam, tetapi di Gorontalo jika sudah dibuat milu siram, bukan lagi sebagai camilan melainkan termasuk makanan pokok.
Kue Sabongi
Meski berbahan dasar pisang dan singkong, kue sabongi sendiri memberikan kenikmatan tersendiri, tidak heran masyarakat Gorontalo sangat menyukai jenis kue ini. Selain itu, cara membuatnya pun sangat mudah, tidak membutuhkan waktu yang lama, bahkan bisa dilakukan oleh siapa saja.
Ayam Iloni
Meskipun Gorontalo merupakan daerah penghasil jagung, bukan berarti makanan khasnya akan melulu berbahan dasar jagung. Ayam Iloni adalah salah satu makanan khas tersebut. Dilihat dari bentuknya, Ayam Iloni ini tidak berbeda dengan ayam bakar pada umumnya. Ayam Iloni dimasak dengan menggunakan racikan bumbu rempah ( bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, kunyit, dan lain lain ) untuk kemudian dimasak menggunakan santan dan dipanggang. Perbedaan cara mengolah dan bumbu yang dipakai itulah yang membedakan ayam Iloni dengan ayam bakar/panggang pada umumnya.
Itulah beberapa dari Daftar Kuliner Khas Gorontalo Yang Terkenal enak, serta masih banyak lagi jenis kuliner khas Gorontalo lainnya yang tidak kalah nikmatnya. Semoga bisa berguna serta menjadi referensi bagi sobat traveller yang sedang berkujung ke Gorontalo.

Demikian sekilas info tentang Daftar Kuliner Khas Gorontalo Yang Terkenal pada kesempatan kali ini. Baca juga kabar lainnya dari KIRIKANANJALAN tentang Daftar Alamat dan Tarif Sewa Mobil di Gorontalo.

 
© Copyright 2013 - 2017Informasi Travel Dan Wisata Partnership Wisata Alam Indonesia Powered by Blogger.com.