Senin, 25 November 2013

Kawah Kamojang Salah Satu Kawasan Wisata Geologi di Bandung

Kawah Kamojang Salah Satu Kawasan Wisata Geologi di Bandung - Kawah Kamojang Bandung, atau tepatnya terletak di perbatasan Kabupaten Garut dan Bandung, Jawa Barat, ini menyimpan magnet wisata yang luar biasa. Kawah Kamojang ini merupakan sebuah kawasan wisata geologi (geowisata), selain menikmati keindahan alamnyan kawasan ini dijadikan tempat untuk menelisik kandungan bumi dan bebatuan.
Kawah Kamojang Salah Satu Kawasan Wisata Geologi di Bandung
Hal apa sajakah yang bisa kita nikmati di Objek Wisata Kawah Kamojang Bandung? Pada kesempatan kali ini Artikel Travel akan berbagi sekilas Informasi Travel Dan Wisata tentang Kawah Kamojang Kawasan Wisata Geologi di Bandung.

Ketika menuju ke Kawasan Kawah Kamojang, pengunjung akan mendapatkan panorama alami perbukitan. Di kanan-kiri jalanan akan ditemukan berbagai tanaman sayur mayur dan juga tanaman akar wangi, yang biasa digunakan untuk berbagai jenis kerajinan ayaman. Kenapa akar wangi? karena memang akar dari tanaman jenis alang-alang ini baunya memang wangi.

Lepas dari jalanan berbukit, sebelum masuk ke kawasan kawah Kamojang, wisatawan bisa melihat dari dekat instalansi pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) Kamojang. Di sini, wisatawan sudah bisa melihat kepulan-kepulan asap yang berasal dari pipa-pipa instalansi yang memang mengalirkan uap panas bumi dari puncak kawah ke pembangkit listrik.

Jalanan kembali menanjak. Setelah melewati pintu masuk dan membayar karcis, wisatawan akan menelusuri jalanan yang di kanan-kirinya masih berupa hutan tropis. Jalanan pun tidak sehalus sebelumnya. Kawah pertama yang bisa dilihat adalah kawah Manuk dan kawah Berecek. Sebelum akhirnya akan masuk ke kawasan parkir.

Nah, bagi wisatawan yang ingin mendapatkan penjelasan panjang lembar tentang kawah-kawah yang ada di obyek geowisata ini, bisa meminta jasa juru kunci.

Sesampainya di lahan parkir, wisatawan akan langsung menikmati kepulan asap dari Kawah Kamojang. Jika ingin lebih jauh menelisik, wisatawan akan dipandu untuk naik ke perbukitan. Kawah pertama yang akan menyambut adalah Kawah Kereta. Kawah ini cukup unik, karena jika dimainkan dengan potongan bambu, maka bunyinya seperti bunti kereta api.

Jika belum puas, wisatawan bisa naik kembali, dan di sana sudah akan menanti sejumlah kawah lainnya. Salah satu yang unik adalah Kawah Hujan. Kawah ini unik, karena memancarkan percikan air yang tingkat volume pancarannya dan juga suhu airnya bisa diatur oleh sang juru kunci. Air yang mengenai tubuh kita serasa tusuk jarum yang konon bisa untuk kesehatan tubuh.
Kawah Kamojang Salah Satu Kawasan Wisata Geologi di Bandung
Di depan Kawah Hujan, ada satu kawah yang mengeluarkan asap. Asap ini pun bisa dimainkan oleh sang juru kunci. Jika penasaran, asap pun bisa diminta untuk mengarahkan ke tubuh wisatawan. Asap ini juga konon bisa untuk kesehatan, karena seolah-olah mandi sauna.

Tidak hanya itu, sebenarnya jumlah kawah di obyek geowisata Kamojang ini tidak kurang dari 27 kawah. Sejumlah flora dan fauna langka pun masih banyak ditemukan di kawasan ini. Sungguh luar biasa, dan banyak sekali hal yang bisa kita nikmati di Kawasan Wisata Kawah Kamojang Bandung ini. Bagi Anda yang berminat untuk berkunjung ke lokasi wisata ini, bisa menempuh jalur berikut:

Akses Menuju Kawah Kamojang Bandung
Kawasan wisata Kamojang terletak hanya sekitar 40 kilometer di selatan Kota Bandung. Dari Kota Bandung, jalur yang bisa ditempuh adalah melalui Rancaekek, kemudian ke Kecamatan Majalaya. Dari Kecamatan Majalaya inilah Anda bisa bertanya mana jalan yang menuju Kamojang. Karena jalan di sekitar pusat kecamatan ini memang cukup ruwet, sebaiknya Anda bertanya setelah berada tak jauh dari alun-alun Majalaya.

Selain melalui Majalaya, Kamojang juga dapat ditempuh dari arah Kota Garut. Jalan melalui Majalaya medannya cukup berat karena terus menanjak, dan mendekati Kamojang, jalannya berbelok-belok tajam sambil terus menanjak. Kendaraan bertenaga kuda kecil (1.000-1.300 cc) dengan jumlah penumpang banyak sebaiknya tak melewati jalur ini karena beberapa kali terjadi kendaraan yang merosot mundur karena tak kuat menanjak.

Jika melalui Garut, jalan yang harus ditempuh lebih landai sehingga relatif bisa dilalui kendaraan kelas apa pun. Jarak dari Kota Garut ke Kamojang sekitar 25 kilometer.
Itulah sekilas Informasi Travel Dan Wisata tentang Kawasan Wisata Geologi Kawah Kamojang Bandung pada kesempatan kali ini. Baca juga Artikel Travel lainnya tentang Menikmati Segarnya Air Terjun di Tengah Pegunungan Karst Gunungkidul. Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi wisata keluarga Anda...

 
© Copyright 2013 - 2017Informasi Travel Dan Wisata Partnership Wisata Alam Indonesia Powered by Blogger.com.