Selasa, 01 Oktober 2013

Menikmati Wisata Alam di Kawasan Ekowisata Situ Gunung Sukabumi

Menikmati Wisata Alam di Kawasan Ekowisata Situ Gunung Sukabumi Jawa Barat ---Pernakah kamu mendengar istilah Ekowisata? Ekowisata (ecotourism) menurut The International Ecotourism Society di tahun 1990 mendefinisikan sebagai perjalanan yang bertanggung jawab ke tempat-tempat yang alami dengan menjaga kelestarian lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan penduduk setempat. Nah, sama halnya seperti Kawasan Ekowisata Situ Gunung Sukabumi, kawasan seluas 200 hektar ini kini mengambil konsep ekowisata dalam pengelolaannya.

Seperti apa menariknya berkunjung ke Kawasan Ekowisata Situ Gunung Sukabumi? Pada kesempatan kali ini Artikel Travel akan berbagi sekilas Informasi Travel Dan Wisata tentang Menikmati Wisata Alam di Kawasan Ekowisata Situ Gunung Sukabumi.
Situ Gunung Sukabumi Jawa Barat
Seperti beberapa penjelasan diatas tadi, kawasan luasnya mencapai 200 hektar ini kini mengambil konsep ekowisata dalam pengelolaannya. Untuk meningkatkan sumber daya alam, Situ Gunung akan terbuka untuk berbagai penelitian. Satu hal yang menarik, Situ Gunung menjadi tempat tinggal banyak hewan endemik Jawa Barat yang jumlahnya terbilang sedikit dan terancam punah, salah satunya adalah surili.

Selain itu, flora kawasan ini akan dikembalikan ke tanaman endemik. Diharapkan, secara bertahap kawasan ini akan didominasi oleh sekira 10 tanaman endemik yang ada, antara lain puspa, rasamala, jamuju, dan lainnya.

Sebagai tempat rekereasi, kawasan Situ Gunung terkenal dengan wisata alam danau dan air terjunnya. Selain Danau Situ Gunung, terdapat banyak air terjun yang dikenal dengan sebutan curug, contohnya Curug Sawer, Curug Kembar, Curug Cimanaracun, Curug Cikuluwung, dan Curug Tangki.

Untuk mengembangkan sumber daya masyarakat, pengelolaan kawasan ini sementara melibatkan masyarakat setempat sebagai pekerja. Namun ke depan diharapkan masyarakat mempunyai koperasi sebagai salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan. Selain itu, program adopsi pohon, pembuatan, dan penjualan souvenir, pembukaan outlet masyarakat untuk menjual hasil pertaniannya adalah beberapa contoh program yang akan dilakukan tahun ini.

Kawasan Ekowisata Situ Gunung sering digunakan sebagai tempat rekreasi dan kegiatan outbound, tubing, sepeda gunung, dan kegiatan petualangan lainnya. Bagi kamu yang penasaran dan ingin melihat langsung seperti apa kawasan Ekowisata Situ Gunung Sukabumi, bisa menempuh jalur berikut ini :

Akses Menuju Kawasan Ekowisata Situ Gunung Sukabumi
Objek Wisata alam Situ Gunung Sukabumi terletak di kecamatan Kadudampit, Cisaat, Sukabumi, Jawa Barat.
Itulah sekilas Informasi Travel Dan Wisata pada kesempatan kali ini tentang Menikmati Wisata Alam di Kawasan Ekowisata Situ Gunung Sukabumi. Baca juga Artikel Travel sebelumnya tentang Menikmati Suasana Alami di Taman Hutan Raya Juanda Lembang Bandung. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi wisata keluarga Anda...

 
© Copyright 2013 - 2017Informasi Travel Dan Wisata Partnership Wisata Alam Indonesia Powered by Blogger.com.