Kamis, 19 September 2013

Mengenal Objek Wisata Sejarah Prasasti Ciaruteun Bogor

Objek Wisata Sejarah Prasasti Ciaruteun Bogor ---Mungkin di antara teman-teman ada yang pernah mendengar kabar tentang Prasasti Ciaruteun Bogor ini. Sebuah batu besar seberat delapan ton tampak kokoh bernaung di bawah cungkup. Sepasang "pandatala" (tapak kaki) nampak tercetak jelas pada bagian atasnya dihiasi sederet prasati berhuruf Palawa dan berbahasa Sangsekerta. Penasaran seperti apa selengkapnya tentang Prasasti Ciaruteun.? Pada kesempatan kali ini Artikel Travel akan berbagi sekilas Informasi Travel Dan Wisata tentang Objek Wisata Sejarah Prasasti Ciaruteun Bogor.
Prasasti Ciaruteun Bogor
Menurut sejarahnya tapak kaki yang tercetak di batu adalah bekas tapak kaki Maharaja Purnawarman yang memimpin dan menguasai kerajaan Tarumanegara. Awalnya, letak batu tersebut adalah di pinggiran sungai yang terletak kurang lebih 100 meter di bawah lokasi dimana batu prasasti tersebut berada saat ini. Dan pada 1981, batu itu diangkat dan diletakkan di bawah cungkup seperti apa yang terlihat sekarang. Karena lokasi awal batu di tepi Sungai Ciaruteun, maka batu tersebut dikenal dengan nama Prasasti Ciaruteun.

Prasasti Ciaruteun ditulis dalam bentuk puisi 4 baris, berbunyi "vikkrantasyavanipateh shrimatah purnavarmmanah tarumanagararendrasya vishnoriva padadvayam". Yang dapat diartikan sebagai "Kedua (jejak) telapak kaki yang seperti (telapak kaki) Wisnu ini kepunyaan raja dunia yang gagah berani yang termashur Purnawarman penguasa Tarumanagara".

Tidak hanya itu, kamu juga bisa melihat situs lain disekitar Objek Wisata Sejarah Prasasti Ciaruteun Bogor. Situs lain tersebut meliputi Prasasti Kebun Kopi, Situs Congklak, dan Prasasti Batutulis. Prasasti Kebun Kopi dinamakan demikian karena prasasti ini ditemukan di kebun kopi milik Jonathan Rig, dibuat sekira 400 Masehi (H Kern 1917). Prasasti ini dikenal pula dengan Prasasti Tapak Gajah karena terdapat cetakan sepasang kaki gajah beserta sebuah prasasti yang berbunyi "jayavis halasya tarumendrsaya hastinah airavatabhasya vibhatidam padadavayam" (Kedua jejak telapak kaki adalah jejak kaki gajah yang cemerlang seperti Airawata kepunyaan penguasa Tarumanagara yang jaya dan berkuasa).

Memang secara keseluruhan Prasasati Ciaruteun, merupakan objek wisata mengandung nilai sejarah yang cukup menarik untuk dikunjungi. Berjalan-jalan sambil melihat batu-batu bersejarah yang cukup besar dan tentunya mempunyai bobot yang berat.

Itulah sekilas tentang Objek Wisata Sejarah Prasasti Ciaruteun Bogor yang dapat disampaikan Informasi Travel Dan Wisata pada kesempatan kali ini . Masih di Bogor, baca juga Artikel Travel sebelumnya tentang Melihat Keindahan Kota Bogor dari Masjid At Ta’awun Puncak.

 
© Copyright 2013 - 2017Informasi Travel Dan Wisata Partnership Wisata Alam Indonesia Powered by Blogger.com.