Jumat, 27 September 2013

Mengenal Cidomo Kendaraan Unik Khas Lombok

Mengenal Cidomo Kendaraan Unik Khas Lombok ---Ketika berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Bukan hanya menikmati pemandangan-pemandangan indah di objek wisata lombok, namun kita juga bisa mencoba naik kendaraan unik "Cidomo" khas Lombok.

Seperti apa serunya menikmati pemandangan dengan naik kendaraan Cidomo khas Lombok? Pada kesempatan kali ini Artikel Travel akan berbagi sekilas Informasi Travel Dan Wisata tentang Cidomo Kendaraan Unik Khas Lombok.
Kendaraan Cidomo Khas Lombok
Nah, teman-teman menurut ceritanya Cidomo adalah kependekan dari cikar, dokar dan montor (mobil dalam bahasa Sasak). Ini adalah kendaraan menggunakan kuda sebagai penarik, atau bila di pulau Jawa dikenal sebagai delman (banyak juga yang menyebutnya dokar). Uniknya, cidomo di sepanjang pantai Senggigi kebanyakan di hias dan kusir pengendara kuda juga menggunakan baju khas Sasak. Seperti yang ditemui Okezone di jalan raya Senggigi.

Adalah Makki (50) yang sudah 18 tahun berprofesi sebagai kusir cidomo ini. Makki pria paruh baya ini biasa melayani wisatawan yang datang ke pantai Senggigi dan membutuhkan kendaraan untuk jarak dekat. Tarifnya tidak pasti dan bisa disepakati dengan cara tawar menawar.

Makki bercerita, bahwa hari ini dirinya menang juara III lomba hias cidomo yang diadakan Polsek Senggigi, menyambut Hari Bhayangkara yang jatuh tepat pada 1 Juli. Makki mendapatkan hadiah piagam serta uang tunai Rp300 ribu.

Dirinya bercerita singkat tentang kehidupannya sebagai kusir cidomo. Bermodalkan satu ekor kuda, dia mulai berkeliling mencari penumpang setiap pukul tiga sore hingga malam hari. Kuda kesayangannya hanya istirahat di pagi hingga siang hari, di mana dirinya juga bercocok tanam di waktu tersebut sebelum menarik cidomo.

Untuk pendapatan sehari-hari, Makki mengaku cukup untuk menghidupi keluarganya dari usahanya menarik cidomo. Terlebih jika pada musim liburan dimana banyak wisatawan yang datang ke Lombok.

Wah, asyik juga ya berkeliling sambil menikmati keindahan pantai Senggigi dengan naik Cidomo Kendaraan Unik Khas Lombok ini.

Itulah sekilas Informasi Travel Dan Wisata pada kesempatan kali ini tentang Cidomo Kendaraan Unik Khas Lombok. Baca juga Artikel Travel lainnya tentang Pelabuhan Kota Sape Sumbawa Salah Satu Objek Wisata Menarik di NTB. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi buat semua...

 
© Copyright 2013 - 2017Informasi Travel Dan Wisata Partnership Wisata Alam Indonesia Powered by Blogger.com.