Minggu, 15 September 2013

Panduan Cara Buat Yang Baru Pertama Kali Naik Pesawat Terbang

Tips Dan Cara Bagi Yang Pertama Kali Naik Pesawat Terbang ---Panduan naik pesawat memang sangat diperlukan ketika kita baru pertama kali ingin bepergian dengan pesawat terbang. Bagi pemula pastinya akan muncul banyak sekali pertanyaan dan membingungkan, mulai dari tempat duduk yang ditentukan sampai sistem check-in. Nah sob, bagaimana serta apa saja yang perlu dilakukan sebelum naik pesawat terbang.?
Panduan Naik Pesawat Terbang
Pada kesempatan kali ini Informasi Travel Dan Wisata akan berbagi beberapa info tentang Tips Dan Cara Bagi Yang Pertama Kali Naik Pesawat Terbang. Langsung saja berikut infonya:

Panduan Naik Pesawat Terbang
1. Siapkan Tiket pesawat
Rata-rata saat ini pembelian tiket bisa dilakukan secara online. Setelah selesai membeli online, tiket elektronik akan dikirim ke email Anda. Sebaiknya, tiket ini Anda print (cetak). Namun, jika membeli di agen perjalanan, biasanya pembeli sudah mendapatkan tiket cetak.
2. Perhatikan Jadwal Pemberangkatan Pesawat
Datanglah ke bandara selambat-lambatnya satu jam sebelum keberangkatan. Lebih cepat lebih baik untuk menghindari antrean saat masuk ke dalam terminal bandara dan juga saat antrean check-in. Lebih baik menunggu di boarding room (ruang tunggu) daripada Anda harus terburu-buru, apalagi sampai tertinggal pesawat.
3. Bawalah Barang Bawaan Seperlunya
Pastikan tas yang Anda bawa tak terlalu banyak. Biasakan Anda membawa tas paling banyak dua tas. Tas kecil untuk menyimpan dompet, telepon genggam, dan sejenisnya. Sedangkan satu lagi adalah tas besar untuk menaruh baju dan sebagainya. Hal ini akan memudahkan Anda saat membawa-bawa tas, selain itu dibeberapa bandara jika kamu membawa barang yang terlalu banyak atau berat akan dikenakan biaya tambahan.
4. Check-in
Check-in di loket yang tersedia. Siapkan KTP dan print tiket saat mengantre untuk check-in tiket. Jika bingung loket mana yang harus Anda datangi, tanya saja pada petugas. Siapkan pula tas yang akan masuk bagasi.
5. Bayar Airport Tax
Beberapa bandara, untuk airport tax langsung dibayar di counter check-in. Namun ada pula beberapa bandara yang menerapkan loket pembayaran airport tax secara terpisah. Besarnya airport tax berbeda-beda untuk setiap bandara. Di Bandara Soekarno Hatta, airport tax dikenakan biaya sebesar Rp 40.000.
6. Memasuki Boarding Room
Saatnya masuk ke boarding room. Ruang tunggu untuk naik pesawat ini biasanya dipisahkan berdasarkan gate. Sebelum masuk boarding room, sekali lagi Anda harus melewati pemeriksaan barang.

Lalu duduklah sesuai dengan gate yang telah ditentukan. Nomor gate tertera di boarding pass. Jika tak yakin, tanyakan petugas yang menjaga gate. Nomor gate juga biasanya tertera di papan pemberitahuan.

Anda bisa mencocokkan nomor pesawat dengan nomor gate. Di papan ini, Anda juga bisa mengetahui jam keberangkatan dan juga status pesawat Anda. Selain itu perhatikan pengumuman mengenai status pesawat Anda. Jangan hanya mendengarkan rute pesawat saja, tetapi dengarkan pula nomor penerbangan. Jika tak yakin, cobalah tanyakan ke orang yang ada di sebelah Anda. Tanyakan apakah ia akan berada di pesawat yang sama.
7. Masuk Pesawat
Masuklah ke dalam pesawat, langsung cek kembali nomor kursi Anda. Jika kursi Anda berada di urutan nomor awal, naiklah dari pintu depan. Sementara nomor tengah sampai akhir (biasanya dari nomor 21), naik dari pintu belakang.

Setelah menemukan kursi Anda, letakkan tas Anda di bagasi kabin yang berada di atas. Jika tas kecil, maka tak perlu ditaruh di atas kabin. Bawa saja saat Anda duduk. Duduklah di kursi yang telah ditentukan dan kenakan sabuk pengaman.
8. Perhatikan Petunjuk Keselamatan Saat Penerbangan
Sesaat sebelum lepas landas, awak pesawat akan memberikan petunjuk keselamatan saat penerbangan. Perhatikan dengan seksama dan bacalah instruksi keselamatan yang ada di bangku pesawat. Satu hal lagi, jika sudah sampai di tujuan, jangan buru-buru melepas sabuk pengaman. Lepaslah jika pesawat sudah benar-benar berhenti dan tanda memakai sabuk pengaman sudah dimatikan. Setelah itu Anda bisa mengambil tas di atas kabin. Bersabarlah saat mengambil tas maupun menunggu pintu pesawat dibuka. Lalu lanjutkan perjalanan menuju tempat pengambilan bagasi. Jika bawaan Anda tak banyak, maka tak perlu memakai trolly (kereta dorong).
Itulah info singkat tentang Panduan Cara Bagi Yang Pertama Kali Naik Pesawat Terbang yang dapat dibagikan Informasi Travel Dan Wisata pada kesempatan kali ini, baca juga Tips Travel sebelumnya tentang Tips Aman Berkunjung Ke Objek Wisata Kawah Putih Bandung.

 
© Copyright 2013 - 2017Informasi Travel Dan Wisata Partnership Wisata Alam Indonesia Powered by Blogger.com.